Kesehatan

Mudah, Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Mudah, Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Minum banyak cairan adalah bagian penting dari batu ginjal yang lewat dan mencegah terbentuknya batu baru. Cairan ini tidak hanya mengeluarkan racun, tetapi juga membantu memindahkan batu dan pasir melalui saluran kemih Anda. Meskipun air saja mungkin cukup untuk melakukan perawatan, menambahkan bahan-bahan tertentu dapat bermanfaat.

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai dengan salah satu solusi rumah yang tercantum di bawah ini. Mereka dapat menilai apakah perawatan di rumah tepat untuk Anda atau apakah cara mengobati batu ginjal secara alami dapat menyebabkan komplikasi tambahan. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, hindari menggunakan obat apa pun. Dokter Anda dapat menentukan apakah jus dapat menyebabkan efek samping untuk Anda atau bayi Anda.

Berikut bahan – bahan yang Anda butuhkan :

  1. Air

Saat melewati batu, menambah asupan air dapat membantu mempercepat prosesnya. Usahakan untuk minum 12 gelas air per hari, bukan yang biasa 8. Setelah batu itu lewat, Anda harus terus minum 8 hingga 12 gelas air setiap hari. Dehidrasi adalah salah satu faktor risiko utama batu ginjal, dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah terbentuknya lebih banyak. Perhatikan warna urin Anda. Seharusnya berwarna kuning cerah. Urin berwarna kuning gelap adalah tanda dehidrasi.

  1. Jus lemon

Anda bisa menambahkan lemon segar ke dalam air sesering yang Anda mau. Lemon mengandung sitrat, yang merupakan bahan kimia yang mencegah pembentukan batu kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu-batu kecil, memungkinkan mereka untuk lewat dengan lebih mudah. Jus lemon adalah minuman yang bisa Anda pilih sebagai cara mengobati batu ginjal secara alami. Jus lemon memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Sebagai contoh, yaitu membantu menghambat pertumbuhan bakteri.

  1. Jus kemangi

Kemangi mengandung asam asetat, yang membantu memecah batu ginjal dan mengurangi rasa sakit. Kemangi juga memiliki banyak nutrisi. Obat ini telah digunakan secara tradisional untuk gangguan pencernaan dan inflamasi. Ada antioksidan dan zat antiinflamasi dalam jus kemangi, dan mungkin bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal.

Gunakan daun kemangi segar atau kering untuk membuat teh dan minum beberapa gelas per hari. Anda juga bisa membuat jus kemangi segar dalam juicer atau menambahkannya ke smoothie. Anda tidak boleh menggunakan jus kemangi sebagai obat selama lebih dari enam minggu sekaligus. Penggunaan yang diperpanjang dapat menyebabkan : gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan peningkatan perdarahan..

  1. Jus seledri

Jus seledri diduga membersihkan racun yang berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.  Campurkan satu atau lebih batang seledri dengan air, dan minum jus sepanjang hari. Anda tidak boleh minum ramuan ini jika Anda memiliki : gangguan pendarahan, tekanan darah rendah, operasi yang dijadwalkan

Anda juga tidak boleh minum ramuan ini jika Anda minum : levothyroxine (Synthroid), lithium (Lithane), obat-obatan yang meningkatkan sensitivitas sinar matahari, seperti isotretinoin (Sotret), obat penenang, seperti alprazolam (Xanax).

  1. Jus delima

Jus delima telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Cara ini akan membersihkan batu dan racun lain dari sistem Anda. Jus ini dikemas dengan antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan ginjal dan mungkin memiliki peran dalam mencegah batu ginjal berkembang.

  1. Jus Akar Dandelion

Akar dandelion adalah tonik ginjal yang merangsang produksi empedu. Cara ini dianggap membantu menghilangkan limbah, meningkatkan produksi urin, dan meningkatkan pencernaan. Dandelion memiliki vitamin (A, B, C, D) dan mineral seperti kalium, zat besi, dan seng. Anda dapat membuat jus dandelion segar atau membelinya sebagai teh. Jika Anda membuatnya terasa lebih segar, Anda juga bisa menambahkan kulit jeruk, jahe, dan apel secukupnya. Minumlah 3 hingga 4 gelas sepanjang hari.

Beberapa orang mengalami mulas ketika mereka makan dandelion atau bagian-bagiannya. Anda tidak boleh minum ramuan ini jika Anda juga mengkonsumsi : pengencer darah, antasida, antibiotik, lithium, diuretik, seperti spironolactone.

Itulah 6 cara mengobati batu ginjal secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Selain bahan – bahan tersebut mudah didapat, Anda juga bisa merasakan manfaat kesehatan lain. Karena pengobatan tradisional dan alami memang tidak menimbulkan efek samping dan sangat bagus untuk kesehatan.

Sumber :

 www.healthline.com

www.medicalnewstoday.com