Property

Cara Membangun Taman Rumah Minimalis yang Asri di Lahan Sempit

Cara Membangun Taman Rumah Minimalis yang Asri di Lahan Sempit

Taman menjadi salah satu hal penting yang harus berada di rumah minimalis karena keberadaannya memiliki fungsi penting untuk membuat tampilan rumah anda menjadi cantik dan indah dengan tanaman hijau nan asri. Maka dari itu, tidak sedikit dari mereka selalu berusaha untuk mencari solusi terbaik tentang bagaimana cara terbaik untuk membangun taman di rumah minimalis walaupun lahan yang tersisa sangat sempit, sedangkan luas lahan yang dibutuhkan supaya bisa membuatnya bisa dikatakan tidak terlalu besar seperti teras.

Meski begitu, anda tidak bisa membangunnya begitu saja karena siapapun yang ingin merancang taman rumah minimalis harus memperhatikan hal-hal penting sebagai pertimbangan serius sehingga dapat menghasilkan tamah yang asri nan hijau dengan memberikan manfaat untuk anda dan semua elemen di dalam rumah. Tak hanya itu, beberapa hal yang diperhatikan biasanya sangat mudah dipecahkan agar anda dapat memutuskan berapa luas taman di rumah minimalis untuk menunjang rutinitas harian secara terus menerus.

Tips Membangun Taman Rumah Minimalis dengan Benar

Walaupun rumah anda menyisakan lahan begitu sempit, namun keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk membangun taman hijau nan cantik apabila anda memperhatikan hal-hal berikut dengan seksama, yaitu :

  1. Perhatikan Luas Lahan

Pertama, anda harus memperhatikan luas lahan yang tersisa sebelum membangun taman di rumah minimalis karena hal ini menjadi tolak ukur yang tidak boleh diabaikan supaya anda bisa mempunyai taman hijau dan bersih setiap hari. Apabila ukuran lahannya cukup luas tentu saja perlu menambahkan kursi atau gazebo sehingga dapat memberi kesan nyaman dan tenang. Namun, jika luasnya sangat sempit maka anda tidak perlu menggunakannya dan bisa menempatkan kursi yang mengarah ke sudut taman.

  1. Tentukan Tanaman Hias

Untuk memaksimalkan fungsi taman dengan baik dan benar, anda harus menggunakan tanaman hias jangka panjang karena keberadaannya tidak mudah layu dan taman rumah minimalis akan selalu hidup dan asri. Kemudian, tanaman tersebut biasanya tidak memiliki ukuran begitu besar karena siapa saja bisa merawatnya dengan mudah sehingga kebersihannya dapat terjaga sehingga tidak mudah rusak bahkan mati akibat hama atau serangga yang bersarang di lingkungan sekitar taman minimalis tersebut.

  1. Pakai Batu Pijakan

Walaupun luas lahan untuk taman di rumah anda sangat kecil, tetapi penampilannya bisa semakin cantik dan menarik apabila anda menggunakan batu pijakan sehingga seluruh anggota keluarga dapat masuk ke lingkungan taman dan tidak merusak rumput atau tanaman hiasnya. Umumnya batu pijakan yang digunakan harus berwarna gelap sehingga kotoran apapun tidak akan terlihat meski menempel hingga berhari-hari, sedangkan batunya juga bisa dibersihkan dengan menggunakan air hujan atau disiram secara berkala.

  1. Tambahkan Batu Alam

Anda bisa menambahkan batu alam saat pembangunan taman rumah minimalis karena fungsinya hampir sama seperti batu pijakan yang akan digunakan. Seperti diketahui apabila batu alam berguna untuk mengurangi risiko terjadi kerusakan pada tanah taman di rumah anda karena air hujan dari titik tertentu, termasuk atap. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menempatkannya pada lokasi utama yang sering terkena air hujan sehingga permukaan tanah di taman rumah anda tidak akan mengalami erosi atau rusak.

Taman bukan hanya berfungsi sebagai ruang terbuka hijau di rumah anda, tetapi juga tempat perawatan tanaman hias dan bisa berkembang jangka panjang apabila mendapat perawatan yang tepat. Maka dari itu, hal penting di atas harus dipertimbangkan sejak awal supaya anda bisa menghindari kerugian akibat kurang teliti saat perencanaan pembangunan taman di rumah minimalis. Anda juga perlu mengunjungi www.arsitag.com untuk mengetahui rahasia membuat taman yang indah dan desain taman di rumah minimalis terbaru