Kesehatan

Cara Penularan Cacar Air yang Terjadi Pada Orang di Sekitar Penderitanya

Penularan Cacar Air

Orang-orang yang terkena cacar air dapat menyebar pada orang sekitarnya. Penularan cacar air ini memang jarang disadari banyak orang. Namun, kondisi itu dapat terlihat dari badan seseorang yang bentol-bentol hampir di seluruh tubuh. Memang biasanya cacar ini menyerang anak-anak, tetapi bisa juga dialami oleh orang dewasa akibat dari penularan tadi. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa mengalami demam yang tinggi, dengan keadaan yang lemah, karena diserang virus bernama varicella zoster.

Cacar ini ada dua jenis. Cacar air berisi air yang ketika pecah dapat menyebar kembali ke area lainnya. Cacar api ini termasuk yang kering, namun rasanya yang perih di sekujur tubuh membuat orang tidak berdaya. Apalagi para penderitanya tidak akan bisa beraktivitas, harus menunggu berminggu-minggu untuk bisa sembuh.

Berikut ini ada beberapa kondisi yang membuat seseorang jadi terkena virus yang menyebabkan cacar:

  • Virus Cacar Menyebar Melalui Udara

Saat siklus udara di dalam sebuah ruangan tidak lancar, orang-orang yang berada di dalamnya juga bisa tertular. Apalagi saat penderita cacar mengeluarkan percikan air liur dan terkena orang lain.

  • Berada di Dekat Orang Yang Terkena Cacar

Anda yang sering berinteraksi dan melakukan kontak dengan orang yang terkena cacar dapat mengalami hal yang sama. Sentuhan tangan dapat membuat virus itu berpindah, jika tidak segera dicuci maka Anda juga bisa mengalami kondisi yang sama dengannya.

  • Menggunakan Barang yang Sama Dengan Penderitanya

Saat ada adik anda yang masih berumur di bawah 10 tahun terkena cacar. Barang-barang seperti handuk, alas tempat tidur atau selimut yang digunakan bersama-sama dapat menularkan virusnya dengan mudah. Pisahkan dulu penggunaan barang itu untuk pencegahan.

  • Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Orang yang memiliki sistem imun yang lemah memang rentan terhadap berbagai serangan virus dan bakteri. Apalagi cacar, pasti dengan mudah menyerang seluruh tubuh seseorang.

Anda bisa menggunakan masker atau sarung tangan jika berada pada kondisi yang mengharukan untuk berinteraksi pada penderitanya. Virus-virus di udara tidak akan masuk ke dalam tubuh dengan mudah, jika Anda melakukan sejak awal. Apalagi cacar ini termasuk lama masa penyembuhannya. Hal itu tentu saja mengganggu pekerjaan atau rutinitas Anda. jika melihat orang-orang dengan bentol-bentol merah baik itu cacar air atau api, jangan terlalu melakukan kontak dengannya untuk sementara waktu.

Saat Anda merasakan gejala-gejala seperti badan yang gatal dan muncul bentol-bentol yang semakin lama menyebar yang disertai panas. Segera hubungi dokter. Jauhkan diri dari orang-orang yang sedang hamil atau anak-anak kecil lainnya. Hal itu bisa menghindari masalah serius yang terjadi pada orang lain. Berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan cacar memang harus cepat dilakukan, jika tidak hal itu juga akan berbahaya bagi Anda.

Jangan biarkan Anda dan keluarga menjadi korban dari penularan cacar air. Tidak hanya badan yang dirugikan, tetapi juga waktu dan materi ikut berpengaruh. Anda tidak bisa melakukan apapun, hanya bisa berbaring dan tinggal di rumah. Jika tidak ingin hal itu terjadi pada Anda berulang kali. Bawa masker ke mana pun pergi. Rajin cuci tangan sebelum menyantap makanan. Sering minum air putih untuk meningkatkan kinerja organ tubuh agar tetap stabil. Konsumsi juga suplemen yang dapat menjaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah terkena penyakit. Hal itu bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko komplikasi pada penyakit lainnya lagi.