Kesehatan

4 Tips Mengatasi Alergi Susu Pada Anak

Tips Mengatasi Alergi Susu Pada Anak

Bagi anak-anak yang memasuki masa pertumbuhan dan perkembangan, maka berbagai asupan harus dipertimbangkan dengan baik. Susu sebagai salah satu sumber protein dan kalsium sangat bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak. Setelah lepas dari ASI, maka Anda bisa memberikan susu formula sebagai penggantinya. Lalu bagaimana jika anak memiliki alergi terhadap susu sapi.

Alergi susu mungkin memiliki gejala yang terlihat sepele. Namun jika dibiarkan tanpa tindakan, maka berbagai gejala alergi akan meningkat dan menimbulkan berbagai penyakit yang tentu membahayakan anak. Oleh karena itu, jika anak Anda mengalami berbagai gejala alergi terhadap susu sapi, maka Anda harus mengatasinya segera.

Alergi susu pada anak memang menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para orangtua. Walaupun begitu bukan berarti Anda tidak bisa mengatasinya. Agar gejala alergi dapat langsung teratasi dan tidak merembet menjadi bentuk gejala alergi lain, maka ada beberapa tips cerdas Cek Alergi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi alergi susu pada anak.

  1. Konsultasikan Alergi Susu kepada Dokter Anak

Jika menemukan berbagai gejala alergi setelah pemberian susu sapi pada anak, maka tips pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter anak. Dokter nantinya akan memeriksa secara keseluruhan riwayat alergi dan memastikan apakah anak mengalai alergi terhadap susu sapi atau tidak.

Jika anak positif alergi terhadap susu sapi, maka Anda bisa berkonsultasi kepada dokter tentang hal-hal apa saja yang harus dihindari dan bagaimana pengobatan terbaik untuk mengatasi alergi anak.

  1. Hindari Bahan Makanan yang Mengandung Susu Sapi

Ketika Anda sudah mendapatkan diagnosis dokter bahwa anak memiliki alergi terhadap susu sapi, maka Anda harus memperhatikan kembali bahan makanan yang dikonsumsi anak. Agar gejala alergi tidak semakin parah, maka hindari bahan makanan anak yang mengandung susu sapi.

Oleh karena itu sebelum membeli bahan makanan dan minuman untuk anak, periksa kembali kandungan bahan makanan yang tertera dalam label dan hindari bahan makanan yang memiliki kandungan susu di dalamnya seperti biscuit susu atau bubur susu. Minuman berbahan dasar susu seperti yoghurt juga harus dihindari.

  1. Berikan Susu yang memiliki Formula Ekstensif Dihidrolisis

Alergi susu sapi pada anak terjadi karena sistem pencernaan anak tidak bisa mencerna protein susu sapi. Jika seperti itu, maka Anda dapat memberikan susu formula ekstensi hidrolisis. Susu formula jenis ini memiliki jenis protein yang mudah dicerna sehingga proses pemecahan protein pada sistem pencernaan menjadi lebih mudah.

  1. Pilih Susu Berbahan Dasar Nabati

Alergi susu sapi terjadi karena sistem imun anak tidak bisa mengenali protein susu sapi. Jika seperti itu, maka Anda bisa mengganti protein susu sapi berbahan hewani dengan susu berbahan dasar protein nabati.

Morinaga Chil Soya bisa menjadi pilihan aman bagi anak penderita alergi susu sapi karena formula susu ini berasal dari protein nabati susu kedelai. Tambahan nutrisi makro dan mikro yang terkandung di dalam susu ini juga setara dengan susu sapi sehingga mampu mencukupi kebutuhan gizi anak.

Alergi susu sapi pada anak memang tidak bisa dianggap sepele. Walaupun kemungkinan risiko alergi terbesar terjadi pada anak dengan riwayat keluarga yang memiliki alergi, namun kondisi ini juga bisa terjadi kepada siapa saja. Jika tidak diatasi dengan baik, maka kondisi alergi ini dapat berkembang hingga dewasa. Morinaga Chil soya dapat menjadi solusi terbaik yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah alergi susu sapi pada anak.