Others

Tips Memilih Bengkel Aki Mobil Yang Benar Agar Mobil Tetap Bekerja

Tips Memilih Bengkel Aki Mobil Yang Benar Agar Mobil Tetap Bekerja

Ketika anda akan berkendara dengan menggunakan mobil, maka anda harus memastikan apabila semua komponen yang ada didalam mobil dalam keadaan baik. Salah satu komponen penting didalam mobil adalah aki. Aki mobil memang memiliki peranan cukup penting karena apabila aki bermasalah maka akan menyebabkan performa dari kendaraan mengalami penurunan.

Itulah mengapa komponen aki ini memang tidak boleh luput dari perhatian anda tersebut. Adapun salah satu fungsi dari komponen tersebut adalah digunakan untuk tempat cadangan energi ketika mesin mobil dimatikan dan memiliki tugas yang cukup penting untuk starter mobil.

Tips memilih bengkel aki mobil terbaik

Apabila aki mobil anda tersebut mengalami kerusakan maka sebaiknya cepat diganti. Proses penggantian Aki memang tidaklah sulit. Tetapi apabila ini merupakan pengalaman pertama kali dan takut melakukan kesalahan, maka sebaiknya serahkan tugas tersebut kepada bengkel ganti aki sekarang juga.

Saat ini, menemukan keberadaan bengkel untuk mengganti aki anda sudah tidak sulit lagi untuk anda lakukan. Hanya saja, Anda tidak boleh sembarangan ketika memilihnya. Terdapat beberapa tips yang wajib untuk diketahui sebelum membawa mobil ke bengkel.

  1. Pilihlah bengkel mobil yang terpercaya

Sebelum anda memutuskan untuk mengganti aki anda ke bengkel maka sebaiknya lihat dulu tingkat kepercayaan oleh masyarakat terhadap bengkel bersangkutan. Bengkel yang terpercaya dan professional pasti memiliki penilaian yang positif dari para pengguna sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa datang secara langsung ke tempat servis tersebut. Biasanya bengkel yang professional memang akan didatangi oleh banyak pengunjung dan tidak pernah sepi.

  1. Menggunakan peralatan bengkel yang lengkap dan canggih

Pastikan mereka juga mempunyai peralatan bengkel yang lengkap dan canggih. Peralatan yang mencukupi itulah tentu akan memberikan kemudahan bagi para teknisi dalam melakukan pekerjaan mereka. Biasanya, bengkel mobil berbeda dengan bengkel motor dimana lebih kompleks soal peralatan maupun kinerja yang ditawarkan.

  1. Mempunyai ahli mekanik yang berpengalaman

Kemudian, Anda harus memastikan apabila bengkel yang anda pilih mempunyai ahli mekanik yang berpengalaman. Bukan hanya reputasi yang dimilikinya saja, keberadaan mekanik tersebut juga sangat penting. Mengingat ahli mekanik lah yang akan bersentuhan langsung dengan mobil yang anda miliki.

Apabila ahli mekanik tidak berpengalaman maka bisa-bisa mobil anda tidak semakin bagus justru performa yang dimiliki mengalami penurunan.

  1. Menyediakan jenis aki lengkap

Pastikan bengkel menyediakan jenis-jenis aki untuk mobil yang lengkap. Seperti yang telah kita ketahui harga aki mobil sendiri dipengaruhi oleh jenis aki yang akan anda pilih tersebut. Adapun beberapa jenis aki yang paling banyak digunakan diantaranya adalah:

  • Aki basah

Jenis aki yang satu ini merupakan aki yang paling banyak dan umum digunakan. Didalam aki tersebut terdapat kandungan timah antimony dan akan cepat habis karena adanya potensi penguapan cukup besar. Untuk harga aki mobil basah ini ternyata dijual lebih murah dibandingkan dengan aki lainnya.

  • Aki kering

Selain ada aki basah, terdapat juga aki kering. Walaupun bernama aki kering, tetapi didalamnya masih menggunakan cairan elektrolit tetapi dengan kandungan timah kalsium. Perawatan untuk jenis aki satu ini memang lebih mudah jika dibandingkan dengan aki basah karena tidak membutuhkan pengisian ulang elektrolit.

  • Aki kalsium

Aki yang terbuat dari material kalsium ini pun juga menjadi aki yang sering digunakan selanjutnya. Dibandingkan dengan jenis aki sebelumnya, aki jenis ini mempunyai tingkat penguapan lebih rendah dibandingkan yang dijual di pasaran.

  1. Hindari membeli aki rekondisi

Agar mobil yang anda miliki tersebut tidak memiliki kerusakan yang lebih parah, maka sebaiknya menghindari untuk membeli aki rekondisi atau bekas. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena aki rekondisi atau bekas dapat menyebabkan performa dari mobil mengalami penurunan.

  1. Memberikan garansi

Terakhir, pertimbangkan keberadaan bengkel ganti aki yang menyediakan garansi. Hal tersebut cukup penting karena aki baru terkadang juga mengalami masalah ataupun kecacatan. Itulah sebabnya, penting untuk menanyakan kepada pihak bengkel apakah ada garansi atau tidak?

Mengganti aki pada mobil melalui bengkel merupakan pilihan yang terbaik untuk menghindari adanya kesalahan ketika proses penggantian aki sendiri. Pastikan anda memilih bengkel ganti aki mobil yang terpercaya dan berpengalaman.