Others

Mengenal E-commerce Logistics Manager Dalam E-commerce

Mengenal E-commerce Logistics Manager Dalam E-commerce

Dunia industri seakan tidak pernah berhenti untuk melakukan perkembangan. Dimana dunia industri pengiriman barang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dalam beberapa tahun belakangan. Hal tersebut didukung oleh adanya bisnis online yang dilakukan oleh masyarakat. Dimana dunia online membuat masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan berbagai barang dengan cara online.

Perdagangan online yang dilakukan disebut sebagai e-commerce. Dalam dunia e-commerce, kegiatan perdagangan di topang oleh beberapa kegiatan yakni sourcing, marketplace, dan last-mile delivery. Beberapa hal tersebut dilakukan dalam kegiatan ecommerce logistics manager. Dimana dibutuhkan pengaturan dalam dunia online agar semua barang yang dikirimkan akan diterima dengan baik ke tangan penerima.

Kegiatan sourcing merupakan kegiatan menerima barang dari pedagang yang melakukan kegiatan online atau yang disebut supplier. Marketplace berperan dalam penyedia tempat untuk melakukan perdagangan. Marketplace menggunakan website atau aplikasi dalam menjalankan perannya. Kegiatan last-mile delivery merupakan kegiatan pengiriman barang hingga ke tangan penerima dengan aman.

Kegiatan sourcing, marketplace, dan last-mile delivery dilakukan sebagai bentuk e-commerce logistics manager. Pengaturan tersebut dilakukan agar barang dapat sampai dengan aman ke tangan penerima. Bahkan dalam beberapa marketplace, kegiatan ini dilakukan sebaik mungkin untuk memastikan barang cepat diterima oleh penerima. Kecepatan penerimaan barang akan menjadi kepercayaan penerima terhadap marketplace dan supplier.

Beberapa marketplace menggunakan fulfillment center sebagai salah satu sarana dalam menjalankan e-commerce logistics manager. Dalam fulfillment center, barang akan disimpan dan didistribusikan dengan baik dengan sistem yang terintegrasi. Bentuk fulfillment center mirip seperti warehouse hanya saja memiliki sistem yang terintegrasi.

Dalam menjalankan kegiatan e-commerce logistics manager, dibutuhkan kecepatan pengiriman hingga ke tangan penerima. Namun, dalam menjalankan hal tersebut perusahaan diharuskan memiliki gudang besar dan sistem yang terintegrasi di dalamnya. Pembangunan tempat seperti tersebut membutuhkan banyak dana karena terletak di beberapa tempat dalam negeri. Maka dari itu disediakan sistem fulfillment center.

Fulfillment center merupakan sebuah gudang yang memiliki sistem integrasi pengiriman. Keberadaan tempat ini sangat menguntungkan bagi pihak marketplace maupun perusahaan. Sehingga dalam pengiriman barang akan dipermudah dengan keberadaan fulfillment center. Baik perusahaan maupun marketplace tidak harus memiliki gudang dan sistem sendiri dengan adanya fulfillment center.

Dalam proses e-commerce, keberadaan fulfillment center akan membantu mempermudah e-commerce logistics manager. Dimana e-commerce logistics manager merupakan kegiatan pendistribusian barang yang dipesan melalui e-commerce secara integrasi. Dengan bantuan fulfillment center, barang dari supplier akan masuk ke fulfillment center. Selanjutnya pihak fulfillment center akan melakukan pendistribusian barang melalui jasa pengiriman ataupun dikirimkan langsung.

Melalui kegiatan tersebut, pendistribusian barang akan cepat. Baik penerima atau marketplace akan untung. Kegiatan e-commerce logistics manager membantu hal tersebut.